Tuesday, September 27, 2011

10 Hewan Hasil Persilangan

Pernahkan agan membayangkan bagaimana dua hewan yang beda spesies dikawinkan, bagaimana rupa hewan yang dihasilkannya. Bagaimana kalau gajah dikawinkan dengan anjing laut apakah akan seperti ini hasilnya… 
 Bagaimana kalau ikan dikawinkan dengan kucing  apakah akan seperti ini hasilnya…


 Atau bagaimana kalau burung dikawinkan dengan buaya, apakah akan seperti ini hasilnya..


Ha ha ha… keren kan…. Pada kenyataannya kawin silang antara dua spesies hewan yang berbeda sangat memungkinkan untuk terjadi, memang tidak se-ekstrim seperti gambar diatas, kawin silang antar hewan biasanya terjadi jika kedua hewan yang bersangkutan termasuk kedalam genus yang sama  (seperti antara singa dengan harimau) atau dengan kata lain mempunyai kesamaan secara genetik. Kawin silang antar hewan biasanya terjadi karena adanya campur tangan manusia tetapi ada juga yang terjadi di alam liar tanpa campur tangan manusia.

1. Liger
Liger merupakan hasil kawin silang antara Singa (Lion) jantan dengan Harimau (Tiger) betina, keduanya termasuk kedalam genus panthera tapi beda spesies. Liger biasanya berukuran sangat besar bahkan termasuk kucing yang paling besar. Liger hanya dapat ditemukan dipenangkaran karena di alam liar habitat kedua spesies berjauhan  jadi sangat sulit untuk terjadinya perkawinan. Selain liger ada juga Tigon, Tigon merupakan hasil persilangan antara Harimau jantan dan Singa betina.



2. Zebroid
Zebroid merupakan sebutan untuk semua hasil persilangan dari zebra, zebroid terlihat seperti kuda, keledai atau kuda pony tapi dengan garis-garis seperti zebra. yang termasuk kedalam zebroid antara lain zeedonk hasil zebra dengan keledai (donkey), zorse hasil zebra dengan kuda (horse), and zony hasil zebra dengan kuda pony.


3.  Wolphin
Wolphin adalah hasil kawin silang antara Paus (whale) jenis False Killer Whale dengan lumba-lumba (dolphins).


4. Grolar
Grolar merupakan hasil kawin silang antara beruang Grizzly dengan beruang kutub (Polar Bear). Grolar biasanya ditemukan di tempat penangkaran / kebun binatang tapi ada juga yang ditemukan di alam liar, Grolar pertama yang ditemukan dialam liar adalah pada tahun 2006 setelah seorang pemburu amerika berhasil menembaknya di kanada.


5. Cama
Cama merupakan hasil persilangan antara Unta (Camel) dengan Llama. Cama merupakan hasil dari inseminasi buatan karena secara alami sangat sulit dilakukan karena perbedaan ukuran kedua binatang ini.  Seekor Cama mempunyai bulu yang lebat seperti Llama, ekor yang panjang, kaki yang kuat, dan tahan tidak minum dalam waktu yang lama seperti Unta tetapi tidak mempunyai punuk atau benjolan di punggungnya.


6. Leopon
Leopon merupakan hasil persilangan antara Leopard (macan tutul) jantan dengan Singa (Lion) betina. Leopon mempunyai kepala seperti singa sementara tubuhnya menyerupai leopard dengan corak totol-totol. Leopon ukurannya lebih besar dari leopard, suka naik pohon dan main air. Leopon pertama kali dikembangbiakan di  Kolhapur, India pada tahun 1910.


7. Wolf Dog
Wolf Dog merupakan hasil persilangan antara serigala (Wolf) dengan anjing (Dog). Karena sifat serigala yang pemalu, persilangan antara serigala dengan anjing lebih banyak dilakukan dengan campur tangan manusia. 



8. Beefalo
Beefalo merupakan hasil persilangan antara Banteng (Buffalo) dengan sapi (cow). Pengembangkbiakan beefalo dilakukan untuk memperoleh daging yang berkualitas untuk dikonsumsi. Daging Beefalo dipercaya rendah lemak dan kolesterol.


9.    Iron Age Pig
Iron Age Pig merupakan hasil persilangan dari babi biasa / domestic dengan babi liar. Iron age Pig lebih jinak dari babi liar dan biasanya diambil dagingnya untuk dikonsumsi.

  
 
10. Savannah
Savannah merupakan hasil persilangan antara kucing liar Afrika (serval) dengan kucing domestik. 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment